Membaca Peluang Pasar

by

Aminatun Jahroh (15216056)

Mahasiswa Program Studi Sarjana Arsitektur Institut Teknologi Bandung.

Perkembangan industri arsitektur, khususnya di bidang desain dan pembangunan gedung, mulai bermunculan di daerah-daerah di Indonesia. Jika pada tahun-tahun sebelumnya, pembangunan gedung tinggi atau high rise lebih lazim dibangun di Jakarta dan sekitarnya, namun sekarang bisa ditemui di kota-kota di luar Jawa. Semakin berkembangna teknologi da informasi mengakibatkan masyarakat mulai mengerti tentang arsitektur sehingga pembangunan tidak hanya berpusat di Jakarta atau Pulau Jawa saja. Bangunan-bangunan yang bermunculan di daerah-daerah seperti Surabaya, Medan, Batam, Balikpapan, Pekanbaru, dan Batam pada umumnya adalah hotel, perkantoran, apartemen, dan mal. Naiknya grafik permintaan pembangunan di daerah juga karena penduduk Indonesia yang terus bertambah.

Pasar di industri ini cukup menjanjikan dibandingkan negara-negara lainnya di Asia Tenggara. Bahkan bila dibandingkan dengan Malaysia dan Singapura, pasar Indonesia masih lebih besar. Di Malaysia misalnya, penduduknya tidak sebanyak Indonesia. Hal ini membuat arsitek asing lebih tertarik untuk membangun di Indonesia. Namun, tentu tidak mudah bagi arsitek asing untuk membangun di Indonesia. Pasalnya, budaya dan lingkungan Indonesia cukup unik sehingga desainnya tidak bisa disamakan dengan negara lain. Dengan demikian, untuk arsitek asing yang ingin masuk ke pasar arsitektur di Indonesia, harus berkolaborasi dengan arsitek lokal. Di sisi lain, kualitas arsitek lokal juga tidak kalah baiknya dengan arsitek asing.

Melihat peluang pasar tersebut, sejak tahun 2012, BITA mendirikan PT Bamko Karsa Mandiri (BKM). Sebelumnya, PT Bamko Karsa Mandiri merupakan bagian dari BITA Company. BKM terdiri dari sekelompok arsitek berlisensi dan profesional, desainer interior, dan arsitek lansekap dengan lebih dari sepuluh tahun pengalaman profesional baik untuk proyek lokal, maupun internasional.

BKM berfokus pada proyek arsitektur, interior, lansekap, serta menghasilkan gambar dan animasi 3D. Sistem manajemen proyek yang berkualitas baik seperti pemrograman, konseptual, desain terperinci adalah bahan utama untuk hasil yang memuaskan. BKM bekerja sama dengan arsitek bereputasi internasional lainnya dalam berbagai proyek, untuk mengembangkan standar dan kualitas penanganan proyek yang lebih tinggi.