Pendirian IPLBI

IKATAN PENELITI LINGKUNGAN BINAAN INDONESIA

PENDIRIAN

IPLBI didirikan untuk menyediakan wadah yang menjadi tempat komunikasi dan interaksi bagi peneliti pada bidang keilmuan Arsitektur, Arsitektur Lanskap, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan,  sehingga dapat bersama-sama mengembangkan, mengakumulasikan, menyebarkan dan menerapkan pengetahuan. Pengembangan, akumulasi, penyebaran dan penerapan akan lebih cepat, efisien (hemat waktu, tenaga dan biaya) dan efektif (memberikan hasil) apabila dilaksanakan secara kolektif( dikerjakan banyak orang tanpa kesepakatan), kolaboratif (dikerjakan banyak orang dengan kesepakatan tertentu), multi-perspektif (dikerjakan banyak orang dari perspektif berbeda-beda) dan  sinergis (berhubungan satu sama lain, hasil akan lebih melimpah dibandingkan dikerjakan sendiri-sendiri).

DEKLARASI IPLBI

Deklarasi Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia dilaksanakan di Bandung pada tanggal 17 Maret 2011, dimulai pada pukul 17:00. Acara deklarasi dirancang dan dipandu oleh Dhian Damajani, dan teks deklarasi dibacakan oleh Beta Paramitha. Kesepakatan deklarasi dihadiri oleh 23 orang dan ditanda-tangani oleh 33 orang.

Teks Deklarasi IPLBI pada tanggal 17 Maret 2011 :

Kami menyadari bahwa permasalahan lingkungan binaan akan dapat dipahami dan dicarikan solusinya dengan cepat dan tepat, jika pengembangan, akumulasi dan diseminasi pengetahuan tentang lingkungan binaan dikerjakan secara kolektif, kolaboratif, multi-perspektif dan sinergis. Agar hal itu dapat terwujud, diperlukan wadah bagi para peneliti lingkungan binaan untuk berkomunikasi, berinteraksi dan mempublikasikan kegiatan, pemikiran dan temuan penelitian, serta kegiatan lainnya. Berdasarkan pertimbangan tersebut dan dilandasi visi untuk mewujudkan organisasi yang dapat memberikan kontribusi dan akselerasi dalam penciptaan lingkungan binaan yang adil, manusiawi, produktif dan berkelanjutan bagi bangsa Indonesia, kami pada hari ini Kamis, 17 Maret 2011 sepakat mendirikan Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia.

KONTRIBUTOR DANA AWAL PENDIRIAN IPLBI

A. Adib Abadi
Abdul Malik
Agus Dwi Hariyanto
Agus Suharjono Ekomadyo
Alexander Rani Sudaryono
Allis Nurdini
Ari Djatmiko
Aswin Rahardi
Beny O.Y. Marpaung
Beta Paramita
Bharoto
Budi Faisal
Denny Zulkaidi
Dhian Damajani
Dwira Nirfalini Aulia
Eko Budi Santoso
Erika Y. Astuti
Hanson E. Kusuma
Heru W. Poerbo
Ilhamdiah
Indrabakti  Sangalang
Iwan Sudrajat
Juarni Anita
Juhana
Laksmi T. Darmoyono
Lily Tambunan
Muhammad Faqih
Jehansyah Siregar
Ngakan Putu Sueca
Pancawati Dewi
Permana
Prasetyo Effendi Yasin
Puspita Dirgahayani
Sukawi
Suparti Salim
Surjamanto
Susilo Kusdiwanggo
Syaom Barliana
Tin Budi Utami
Tutin Aryanti
Usep Surahman
Widjaja Martokusumo
Wiwik Dwi Pratiwi
Woerjantari Kartidjo